Thursday, May 22, 2008

Mensyukuri Nikmat


Oleh : Ustadz Abu Ikhsan (Pengajian bersama di Wonsari Kyoungju)
Di tulis oleh : Imam Sanjaya

Alhamdulillah....
Nikmat Allah SWT yang di berikan kepada kita sangatlah banyak, besar dan luas sekali, kita takkan mampu menghitung nikmat Allah SWT yang telah di berikan kepada kita. Walaupun air laut dijadikan tinta, ranting ranting pohon di jadikan pena dan dedaunan di jadikan kertas dungguh tak akan cukup untuk menuliskannya.

Dengan limpahan nikmat yang terus menerus mengalir seharusanya kita beryukur pada Allah SWT. Dengan bersyukur atas nikmat yang telah kita terima maka Allah SWT akan menambah nikmatNya, dan jika kita mengingkari nikamt pemberianNya maka AllahSWT akan menurunkan azabNya, sesuai dengan firmanNya dalam Al-Qur'an:


"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari(nikmat) maka sesungguhnya nikmatku sangat pedih"( QS Ibrahim:7).
Ada beberapa bentuk syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmatNya:
* Dengan Lisan
Dengan lisan kita ucapkan"Alhamdulillah" atas segala nikmatNya, memuji Allah karena hanaya Dia yang paling haq untuk di puji diatas semua makhlukNya.

*Dengan Hati
Dengan hati meyakini bahwa semua nikmat ini adalah pemberian Allah SWT, meyakini bahwa nikmat sehat bukan karena kita rajin berolahraga atau makan makanan bergizi, rizki yang kita peroleh semata mata bukan karena usaha atau kerja kita, ilmu yang kita peroleh juga semata mata bukan dari usaha kita belajar. Semua iitu adaah sebab atau perantara nikmat Allah SWT untuk sampaikepada kita.

*Dengan Mengamalkan
Dengan nikmat yang telah di berikan Allah SWT, kita gunakan untuk mengabdi kepada Allah SWT. Kita tingkatakan amal shalih, ibadah sehari hari, shodaqoh, menuntut ilmu dan masih banyak amal ibadah lainnya.

Sudah banyak contoh dalam Al-Qur'an, kaum yang ingkar akan nikmat Allah SWT menerima adzab yang sangat pedih, seperti kaum madyan, kaum sabah, kaum syuaib, kaum tsamud dan kaum lainnya.
Semoga kita semua senantiasa ingat akan nikmat Allah SWT dan tak lupa untuk selalu bersyukur kepadaNya, sehingga selamat dunia dan akhirat kelak, amin.

No comments: